Categories
Artikel

Aspek Aspek Penting Budidaya Ikan Air Tawar Gurame

Aspek Aspek Budidaya Ikan air tawar Gurame – Ikan gurame ialah salah satu dari sekian ikan air tawar yang digemari oleh masyarakat kita sebagai ikan- ikan konsumsi. Daging ikan yang padat, duri- durinya besar, rasanya pun juga lezat dan gurih. Menu masakan Ikan Gurame hampir tetap ada di tiap restoran serta rumah makan di dekat kita. Ikan ini dapat dijadikan sebagai berbagai bermacam menu masakan paling utama semacam gurami bakar dan gurami asam- manis.

Panduan Langkah Dasar Budidaya Ikan Gurame di Kolam

Ikan gurame mempunyai harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, prospek budidaya ikan gurame sangat layak dijadikan inspirasi serta motivasi buat menaikkan pendapatan kita. Juga dapat dijadikan sebagai alternatif sampingan income kita

Dalam proses budidaya ikan gurame, tentu saja kita harus mencermati sekian banyak aspek- aspek pembudidayaan supaya hasil dari budidaya tersebut bisa maksimal, antara lain:

aspek budidaya ikan gurame

1. Letak Kolam Budidaya Ikan Gurame

Dalam penentuan dan pemilihan letak serta posisi lokasi kolam, tekstur tanah ialah bagian yang perlu diperhatikan. Jenis tanah yang baik serta bagus untuk dijadikan kolam pemeliharaan ialah jenis tanah liat berpasir( Badan Standardisasi Nasional, 2006). Jenis tanah liat berpasir mampu menahan massa air yang besar dan tidak gampang bocor sehingga dapat dibikin pematang/ dinding kolam.

2. Aspek Kemiringan tanah

Kemiringan tanah yang bagus buat pembangunan kolam budidaya berkisar antara 3- 5%. Hal ini dikarenakan buat memudahkan proses pengairan kolam secara gravitasi. Zona tempat kolam ikan terletak bebas banjir dan pencemaran, polusi serta sesuai dengan rencana tata ruang dan wilayah. Ikan gurami dapat tumbuh normal, apabila posisi pemeliharaan terletak pada ketinggian 1- 400 m di atas permukaan laut( Badan Standardisasi Nasional, 2006).

Kunjungi Pula Potensi Keuntungan Budidaya Ikan Lele

3. Sumber air untuk Kolam

Sumber air adalah aspek penting nan utama dalam menentukan suksesnya budidaya ikan gurami dengan kualitas mutu air yang baik. Sumber air buat kolam, dapat dibedakan jadi 2 kalangan ialah air permukaan dan air tanah. Air permukaan ialah sumber air yang masuk ke kolam ikan mengikuti gravitasi misalnya lewat irigasi, air hujan, air sungai, air danau dan sumber mata air. Air tanah ialah air yang bermula dari sumur, baik sumur artesis maupun sumur dalam.

Air yang baik buat budidaya ikan yakni tidak tercemar oleh cemaran tipe fisik, kimia dan biologi dari alam, cemaran industri, cemaran dari pemukiman dan pertanian( Badan Standardisasi Nasional, 2006). Salah satu syarat utama pembudidayaan ikan gurami ialah sumber air buat kolam yang bersih. Karena itu hindari pemakaian air yang keruh dan kotor. Sebab apabila kotoran itu bercampur dengan pakan, bakal memicu timbulnya bakteri dan parasit pada ikan serta cacing.

4. Kualitas Mutu Air Kolam

Konsentrasi oksigen yang larut dalam air sangat berarti untuk parameter kualitas mutu air karena dibutuhkan dalam bermacam aktivitas fisik ikan. Isi kandungan O2 ideal yang dapat menunjang pertumbuhan ikan yakni 2 mg/ l( Badan Standardisasi Nasional, 2006).

Gurami tergolong ikan yang sensitif terhadap pergantian suhu. ikan gurami tergolong ikan air tawar yang sangat peka pada suhu rendah. Menjadikan ikan tersebut apabila temperatur perairan lebih rendah daripada rata-rata temperatur maksimal, ikan gurami tidak bakal produktif. Ikan mempunyai batas temperatur tinggi dan rendah serta temperatur maksimal.

Batas tersebut buat pertumbuhan, inkubasi telur, konversi santapan dan resistensi/ ketahanan pada penyakit serta parasit tertentu. Batas optimim temperatur temperatur sangat bergantung pada pH, isi isi oksigen dan aspek lain semacam ketinggian tempat, kedalaman air dan cuaca. Temperatur maksimal buat pertumbuhan ialah 25- 30 C( Badan Standardisasi Nasional, 2006).

Ikan gurami dapat tumbuh dengan baik serta bagus pada perairan yang kisaran pH 5- 10. Akan tetapi pH ideal yang dapat menunjang perkembangan dengan baik ialah 6, 5- 8, 5( Badan Standardisasi Nasional, 2006). Tata cara dalam menetralkan pH yang asam dapat dicoba dengan akumulasi kapur( CaCO3) maupun dengan soda kue ke dalam air kolam dan apabila sangat basa bisa dicoba dengan penumpukan asam fosfor.

Sisa- sisa pakan ikan berlebihan adalah sumber amoniak. Pada pH besar, amoniak akan jadi wujud tidak ter- ion yang beracun. Pergantian tiba- tiba dapat menimbulkan insang ikan gurame jadi rusak. Nafsu makan ikan menurun dan pertumbuhan bakal terhambat pada konsentrasi 0, 08 mg/ l, dan kematian bakal berlangsung pada 0, 1 mg/ l.

Fluktuasi( pergantian) alkalinitas yang cukup ekstrem sangat membahayakan ikan gurame. Kejadian itu dapat dicegah dengan perairan air kolam yang mempunyai system buffer memadai( mempunyai mineral bikarbonat, bikarbonat, borat dan silikat).

Tingkat Kekeruhan air kolam bisa pengaruhi daya ikat air pada oksigen. Air keruh menyebabkan ikan gurame kekurangan oksigen, nafsu makan ikan menyusut, batas pandang ikan menyusut serta tertutupnya insang oleh partikel- partikel lumpur. Ikan gurami sangat menggemari perairan yang jernih, tenang dan tidak banyak mempunyai lumpur. Kecerahan air ideal yang dapat menunjang kehidupan ikan gurami yakni 40- 60 cm( Badan Standardisasi Nasional, 2006).

Aspek Mudah dan Murah dalam Budidaya Ikan Air Tawar

Pilihlah Lahan yang bisa mendukung keberlangsungan bidang usaha budidaya ikan, antara lain akses jalan dan pasar. Ketersediaan moda transportasi sanggup mempermudah penyediaan bermacam fasilitas dan sarana prasarana proses budidaya ikan. Akses yang mudah dalam memasarkan hasil panen ke pasar ditambah lagi pembeli bisa langsung sanggup mendatangi proses panen budidaya serta memberi bonus keuntungan buat pembudidayan.

Juga apabila anda semua membutuhkan bibit ikan gurame, maka kami Mina Raja Farm siap melayani, menyediakan, dan mengirimkan bibit ikan pesanan anda ke seluruh Indonesia. Seperti halnya kami juga sudah terbiasa melakukan pengiriman bibit ikan lele di Riau dan ataupun juga melayani pesanan bibit ikan nila di Medan

Mina Raja Farm merupakan kelompok petani ikan air tawar yang menyediakan aneka macam benih ikan unggul dan bermutu tinggi. Mina Raja Farm melayani jual bibit ikan air tawar seperti jenis benih ikan patin, ikan bawal, ikan mas, ikan koi, ikan nila, gurami, lele dan belut dengan harga jual bibit ikan murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.